Senandung Doa Untuk IAS



Ilham Arief Sirajuddin alias IAS yang lebih akrab disapa Aco, Memang! Senin kemarin telah dijatuhi vonis bersalah oleh Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Tetapi ujian maha berat yang sedang menimpanya. Sedikitpun, tak tergurat di raut wajahnya, rasa tak mampu untuk menanggung vonis sang “wakil Tuhan” yang menyatakannya: “dia divonis 4 (empat) tahun penjara dan denda Rp. 100 (seratus) juta subsidier satu bulan kurungan.”

Senandung Doa 
Tak ada bedanya IAS yang dulu, dengan IAS yang sekarang. IAS yang dulu gampang membaur dengan siapa saja, gampang terterima oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan elit hingga rakyat yang dikatakan jelata, rakyat yang profesinya hanya pengepul sampah (pemulung), adalah semua teman baik dari wali kota Makassar dua periode itu. Dan hari ini, tetap IAS merupakan sosok yang baik untuk warga Makassar.

Sehingganya kemudian, kita tidak perlu kaget, kalau di tengah-tengah “badai ujian” yang menimpanya. Begitu banyak “senandung doa” yang datang untuknya. Ada doa yang hanya terucap fasih terlirih dalam hati. Ada pula doa yang tertuturkan dalam kata yang diikuti rasa ketulusan melalui “broadcast” di berbagai jejaring sosial.

Warga Makassar tidaklah pernah lupa akan jasa dan budi baik IAS dimasa kepemimpinannya. IAS tak pernah sendiri di mata warga yang pernah dibelas kasihaninya.

Walau dalam sepi, senyap, dan heningnya tahanan, segala kekuataan doa akan terus mengalir demi menguatkannya. “Wahai orang yang sederhana, engkau tak pernah jumud dengan kami semua, maka dari itu rasa-rasanya mustahil jika dirimu nyatanya dinyatakan bersalah oleh wakil Tuhan sang penutur keadilan itu.”

Warga Makassar memang kebanyakan, boleh jadi tidak tahu kronologis perkara korupsi yang sedang dituntut, bagi IAS agar dipertanggungjawabakannya. Tetapi siapalah yang bisa mengukur dalamnya hati sanubari. Toh lautan masih bisa saja ditaksir dalamnya. Ada banyak orang-orang di sini, di kota tanah daeng ini, tanah yang terkenal dengan juku eja-nya. Tetap masih banyak yang lebih lihai dan bisa meiimbang-nimbang, seperti apakah keadaannya seseorang sehingga patut dicurigai, kalau kerjanya sebagai pengemban amanah adalah “penimbun” harta kekayaan daerah? IAS sama sekali tidak ada dalam keadaan demikian

IAS dalam perangai sehari-harinya, sulit dan terlalu dibuat-buat, yang bisa-bisa kelihatan dalai pemaksaannya. Kalau mau dikatakan terdapat indikasi korupsi dari pola hidupnya selama ini. Dia bukanlah Wali Kota di zamannya yang gila jabatan, gila harta, untuk “diwariskan” kepada keluarganya.

Merupakan bukti yang paling valid, dan itu kelihatan sekali dalam pertarungan Pilwakot kemarin. Andai saja dia adalah orang yang serakah, haus jabatan untuk dirinya, untuk selama-lamanya. Maka sudah pasti ia akan “mendorong” istri ataukah anak-anaknya agar menjadi calon wali kota. Tetapi lagi-lagi, IAS tidaklah demikian karakter aslinya.

Apalah arti jabatan dan harta, bagi orang yang bukan pemburuh harta dan tahta. IAS lebih memilih berjuang dibalik tirai. Nama dan ketenarannya tidak mengapa disematkan pada kawan yang dianggapnya layak memimpin Makassar menuju kota dunia. Lalu, apa yang masih kurang? Adakah harta yang berlebih menjadi milik IAS, dan itu merupakan dari sumber yang haram.

Pun berdasarkan fakta-fakta hukum yang terbuka di persidangan, harta kekayaan yang dibiarkannya semua diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Dan KPK tidak mampu membuktikannya, kalau harta kekayaan yang dimiliki saat ini oleh IAS dan sekeluarga berasal dari perbuatan tindak pidana korupsi, sejak ia masih menjabat sebagai Wali Kota Makassar.

Mengabaikan Fakta
Bahwa memang IAS disangka sedang menguntungkan orang lain akibat kebijakannya dalam kerja sama PDAM dengan PT Traya, oleh karena adanya sejumlah uang yang diberikan oleh pihak PT Traya ke PSM, konon katanya mengatasnamakan IAS. Tetapi toh ternyata pihak PT Traya dalam memberikan sejumlah dana ke PSM, tidak lain itu merupakan sponsor yang digawangi oleh pihak PT Traya sendiri. Tidak ada sangkut pautnya denga IAS waktu itu. Maka dalam konteks inilah, sepertinya hakim yang sedang memeriksa, mengadili, dan memutus perkara IAS sungguh tidak cermat dalam memperhatikan fakta-fakta yang sedang terbuka, ketika tahap pembuktian dalam perkara itu.

Dan andaikata IAS yang baru memberikan persetujuannya, untuk menjalin kerja sama antara PDAM dengan PT Traya, jika PT Traya bersedia memberikan sejumlah dana ke PSM. Pada sesungguhnya yang demikian tidak ada pula hubungannya dengan niat jahat (mens rea) dan perbuatan jahat (actus reus) yang selanjutnya bisa dikualifikasi sebagai perbuatan pidana in qasu tindak pidana korupsi. Sebab mengapa? Oleh karena tujuan akhir dari kehendak IAS, toh juga untuk kepentingan umum dalam membesarkan sepak bola Makassar yang tiada lain ikon dari Kota Makassar.

Entahlah, skenario politik apa yang sedang melanda IAS. Saya tidak bisa menganalisisnya secara politik. Sebab saya bukan orang yang ahli dalam ilmu tersebut. Tetapi yang pasti dari awal saya selalu berprasangka baik untuk orang yang sekelas IAS. Investor yang hendak menanamkan investasinya di Kota Makassar, harus juga memerhatikan nasib Warga Makassar.

IAS bukan memikirkan saja melajunya usaha sang investor tersebut, tetapi setiap investor yang hendak mendirikan perusahaannya di Kota Makassar. IAS selalu mendahulukan kepentingan umum,. Kalau ada warga yang hanya memiliki rumah berdinding kardus, yang banyak berjajar di setiap area perusahaan. IAS tidak pernah membiarkannya, orang-orang yang hidupnya sekarat itu digusur dari tempat tinggalnya. Kalau memang dirinya sebagai Pemerintah Daerah yang belum mampu untuk menyejahterakan warganya secara merata. Maka sudahlah Ia buktikan, kalau janganlah menambah derita dari orang-orang yang hidup miskin itu.

Kendati vonis sudah menggelagar dalam ketokan palu sang “wakil Tuhan” di Ibu kota negara ini. di pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. IAS tidak akan pernah ditinggalkan dari orang-orang yang pernah disanyanginya, selama ia memimpin Kota Makassar.

Secercah asa dan doa akan selalu bersenandung syahdu kepadanya. Hukum dunia bisa menyeretnya ke penjara, tetapi banyaknya tangan yang menengadah atas nama Allah yang maha kuasa, kelak Ia akan menjadi orang yang paling disayang oleh Tuhan.

IAS masih banyak yang mendoakan perihal ujian yang sedang menawan dari jabatannya di masa lalu. Tetapi hakim yang sudah terlanjur menjatuhkan vonis bersalah kepadanya. Entahlah! Siapa yang masih mau “berbaik hati” untuk mendoakannya agar selamat dunia akhirat? Wallahu A’lam Bissawab.*

Oleh: Damang Averroes Al-Khawarizmi

Owner negarahukum.com


artikel ini sudah muat di Harian Tribun Timur,  2 Maret 2016
Sumber Gambar: .tribunnews.com






Responses

4 Respones to "Senandung Doa Untuk IAS"

Queen Daniel mengatakan...

Saya Ibu Daniel pemberi pinjaman kredit pribadi, kami memberikan suku bunga kredit dari 2%
Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang-utangnya?
Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
membayar tagihan kredit,
Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari berbagai ukuran, silahkan hubungi kami melalui alamat Perusahaan:
queendanielloanfirm@gmail.com. Tuhan memberkati.


4 April 2016 09.15
Kelly Wood mengatakan...

Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu kelly


22 Juni 2016 07.40
Zuma Loans mengatakan...

Apakah Anda perlu pinjaman itu?
Apakah Anda mencari Keuangan?
Apakah Anda mencari pinjaman untuk memperbesar bisnis Anda?
Saya pikir Anda telah datang ke tempat yang tepat.
Kami menawarkan suku bunga Kredit atlow.
orang yang tertarik harus silahkan hubungi kami di
Untuk tanggapan langsung ke aplikasi Anda, Kindly
membalas email ini di bawah saja.
(Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)

Tolong, jangan memberikan kami informasi berikut jika Anda tertarik.
1) Nama Lengkap: .........
2) Jenis Kelamin: .........
3) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........
4) Durasi Pinjaman: .........
5) Negara: .......
6) Alamat Rumah: .........
7) Nomor HP: .........
8) Pendapatan Bulanan: .....................
9) Pekerjaan: ...........................
) Situs yang melakukan Anda di sini tentang kami .....................
Terima kasih dan Salam.
(Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)


13 September 2016 23.23
widaya mengatakan...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati


10 November 2016 20.52

Posting Komentar

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors