LAPORAN DAN EKSAMINASI PSIKOLOGI HUKUM



Keterlibatan dari pakar ilmu mengenai perilaku dalam proses hukum biasanya dimulai dan diakhiri dengan  sebuah laporan, baik ditujukan untuk pihak lawan atau, mungkin lebih sering, kepada pihak pengadilan  pada tahap awal. Laporan psikolegal sangat penting  dan dapat mempengaruhi hasil secara substansial dari tindakan hukum. Beberapa elemen y...ang seharusnya ada dalam persiapan membuat laporan tersebut:
  1. Pemahaman pemeriksa mengenai pertanyaan-pertanyaan hukum yang akan ditanyaikan.
  2. Pemahaman mengenai situasi-situasi yang berhubungan dengan tindakan hukum, termasuk pihak yang mana pemeriksa berpihak ketika melakukan penilaian.
  3. Mengumpulkan dan mereview dokumen-dokumen medis dan legal yang relevan, terutama jika sebelumnya pernah di rawat inap.
  4. Sejarah masa lalu yang adekuat
  5. Melakukan pemeriksaan status mental yang adekuat, dengan focus terutama pada area-area kemampuan atau ketidakmampuan yang relevan dengan pertanyaan-pertanyaan hukum yang diajukan.
  6. Deskripsi mengenai level ketidakmampuan psikis, yang berhubungan dengan pertanyaan hukum, bersamaan dengan drajat kepercayaan (degree of confidence) medicolegal dari pendapat yang diberikan oleh pemeriksa.
Elemen terakhir merupakan hal penting karena berkaitan dengan drajat kepercayaan medicolegal dari pendapat yang diberikan oleh pemeriksa. Seorang pakar yang kompeten akan memberikan pendapatnya dengan drajat kepercayaan yang didukung oleh data yang ia peroleh. Untuk membentuk suatu opini, pakar membutuhkan waktu yang cukup untuk mengumpulkan data.Hal ini menunjukkan bahwa pakar yang terlibat dalam pemeriksaan psikolegal benar-benar memikul tugas berat, khususnya pada pelayanan umum.


Responses

0 Respones to "LAPORAN DAN EKSAMINASI PSIKOLOGI HUKUM"

Poskan Komentar

Return to top of page Copyright © 2011 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors